Connect with us

Artikel

Beli Rumah Tanpa Riba Dengan KPR Syariah dan Developer Syariah

Properti Syariah – Ketika akan membeli rumah, banyak skema yang bisa ditempuh. Termasuk jika Anda ingin menghindari riba, KPR Syariah selalu menjadi jalan keluar terbaik.

Dalam transaksi tersebut, bank syariah ‘seolah’ membeli rumah yang diinginkan konsumen dan menjualnya kepada konsumen tersebut dengan cara dicicil.

KPR Syariah juga tidak mengenakan bunga, namun bank mengambil margin keuntungan dari harga jual rumah. Sejumlah bank di Indonesia sudah mengusung konsep ini, sebut saja Bank Muammalat, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, dan lain-lain.

Nah belakangan ini, ada alternatif baru membeli rumah yang juga sesuai syariat Islam. Yakni melalui pengembang khusus seperti developer Syariah. Banyak kaidah Islam yang diangkat ke dalam praktik-praktik operasional mereka, mulai dari segi legalitas hukum, akad transaksi, pembiayaan, realisasi pembangunan, hingga serah terima kunci.

Jadi secara keseluruhan tentunya beda dengan pengembang konvensional atau umum yang tergabung dalam asosiasi Real Estate Indonesia (REI), atau Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi).

Lantas, lebih baik membeli rumah dengan KPR Syariah atau melalui developer Syariah? Sebenarnya pilihan tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Mungkin ada beberapa poin saja yang berbeda. Jadi cukup bandingkan keduanya di sini, mana kira-kira yang paling sesuai dengan prinsip dan kebutuhan Anda.

Advertisement properti syariah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =

Trending