Connect with us
Cari KPR Syariah Cari KPR Syariah

Artikel

Keunggulan KPR Syariah

Cari KPR Syariah? Cicilan tetap selama masa kredit, mungkin menjadi salah satu pemicu KPR syariah belum memiliki banyak peminat dibanding konvensional. Di lain sisi, KPR konvensional memang kerap menguntungkan karena cicilannya yang berubah-ubah mengikuti acuan suku bunga BI.

Perlu diketahui, ada perbedaan yang tegas antara KPR syariah dengan KPR konvensional. Pada KPR syariah, yang ditransaksikan adalah barang (dalam hal ini rumah) dengan prinsip jual-beli (murabahah). Sementara pada KPR konvensional, yang ditransaksikan adalah uang.

Dalam transaksi tersebut, bank syariah ‘seakan’ membeli rumah yang diinginkan konsumen dan menjualnya kepada konsumen tersebut dengan cara dicicil. Kendati tidak memberlakukan bunga, namun bank syariah juga mengambil margin keuntungan dari harga jual rumah.

Misalnya, konsumen membeli rumah seharga Rp300 juta dan pihak bank syariah mengambil margin keuntungan Rp100 juta. Maka uang yang harus Anda cicil selama masa tenor adalah Rp400 juta, dikurangi jumlah uang muka.

Sebagai bahan dasar pengetahuan Anda, berikut propertisyariah.id paparkan apa saja kelebihan utama dari KPR syariah.

  • Cicilan bersifat tetap, tidak tergantung pada suku bunga Bank Indonesia.
  • Ketika ingin melunasi pembayaran lebih awal, konsumen tidak akan dikenakan penalti atau denda seperti pada KPR konvensional.
  • Dapat melakukan perencanaan keuangan bagi keluarga karena sifat cicilan yang tetap.
  • Saat ini, uang muka lebih ringan dibanding KPR konvensional, yakni bisa hingga 10%, sedangkan pada KPR konvensional minimal 20% (15% per Agustus mendatang).
  • Proses lebih cepat dengan persyaratan yang mudah sesuai dengan prinsip syariah.
    Jangka waktu pembiayaan sampai dengan 15 tahun.

Bagi saudara yang ingin mencari perumahan dengan skema syariah kami propertisyariah.id memberikan pilihan produk perumahan syariah dengan skema full syariah di sejumlah wilayah Jadebotabek

Advertisement properti syariah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + six =

Trending